Kamis, 30 Juni 2011

KONDISI AWAL LAPANGAN TEMBAK GUNUNG BOHONG (JANUARI 2011)




























Gambar-gambar di atas merupakan kondisi awal Lapangan Tembak Gunung Bohong. Dimana lapangan ini memiliki area yang cukup luas namun belum tertata rapi. Bisa dikatakan kalau lapangan tembak ini sebagian digunakan oleh masyarakat sebagai lahan pertanian dan tempat pembuangan sampah. Lapangan tembak gunung bohong pada kondisi awal hanya memiliki jarak menembak 300 m, kemudian guna memperpanjang jarak lapangan tembak menjadi 600 m maka titik 0 m ditarik lagi ± 300 ke arah gunung. Pemanjangan jarak tembak ini bukanlah hal yang mudah dan tidak dapat dicapai dalam waktu yang singkat, perlu waktu dan usaha yang maksimal agar lapangan ini selesai di tata sesuai dengan rencana. Ketidak mudahan pemanjangan lapangan ini terutama terletak pada proses Cut and Fill. Dalam proses Cut and Fill ini menggunakan beberapa tahapan, diantaranya :
1. Pembersihan lahan dari tanaman-tanaman yang ada di atasnya.
2. Pengukuran level ketinggian untuk menentukan nilai suatu lahan apakah akan dikeruk atau diisi.
3. Pengerukan, Loading dan pembuangan tanah. Tahap inilah yang membutuhkan waktu yang lama, karena lahan lapangan tembak yang lama dengan lahan yang direncanakan sebagai perluasan memiliki perbedaan tinggi yang sangat signifikan. Dalam proses ini waktu selesai akan berbanding lurus dengan jumlah alat yang digunakan, artinya semakin banyak alat berat dan dumptruck yang dipergunakan maka pekerjaan ini akan semakin cepat selesai. Sampai bulan Juni 2011 proses ini masih terus berjalan.

Lapangan tembak Gunung Bohong ini pada kondisi awal juga tidak memiliki sistem drainase yang memadai, sehingga ketika hujan turun maka keadaan lapangan tembak akan banyak tergenang air. Keadaan ini tentu kurang baik untuk lapangan tembak yang memiliki intensitas penggunaan yang cukup padat mengingat Cimahi dan sekitarnya banyak terdapat Satuan-satuan Militer yang menggunakan Gunung Bohong sebagai tempat latihan menembak. Sampai Juni 2011, penataan kembali drainase masih terus dikerjakan.

Pada kondisi awal lapangan tembak Gunung Bohong juga belum memiliki akses jalan yang memadai.  Sampai Juni 2011, telah selesai dikerjakan pengaspalan hotmix sepanjang 518 m dengan lebar jalan 9 m.

Diharapkan dengan adaya pembangunan ini lapangan tembak Gunung Bohong akan menjadi lebih tertata, lebih representatif dan lebih banyak menyediakan fasilitas umum baik untuk militer maupun masyarakat Cimahi dan sekitarnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar